Alhamdulillah, Akhirnya kami berhasil memiliki buah hati setelah konsumsi herbal timur tengah ini. Bunda tertarik mencoba?
Klik sini bund..

Cara Mengetahui Masa Subur Lewat Ciri Fisik

 on Jumat, 07 Februari 2014  

Bagaimana cara mengetahui masa subur lewat ciri fisik?Seperti yang sudah di bahas pada artikel sebelumnya, masa subur adalah masa dimana sel telur siap dibuahi. Masa subur ini ditandai dengan terjadinya ovulasi yaitu terlepasnya sel telur yang sudah matang dari dalam rahim menuju tuba falopi untuk selanjutnya siap dibuahi oleh sperma. Proses ovulasi ini merupakan proses hormonal yang mempengaruhi fisik atau fisiologis wanita, sehingga gejala-gejalanya bisa diamati dan dirasakan. Karena itu, dengan melihat ciri fisik wanita, kita sebenarnya bisa tahu kapan ovulasi terjadi dan menentukan kapan masa subur sebagai sebuah langkah yang penting di dalam merencanakan kehamilan.
Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana menghitung masa subur  dengan sistem kalender. Pembahasan kita kali ini, yaitu seputar ciri atau gejala fisik wanita semoga bisa menjadi alternatif untuk bisa mengetahui masa  subur lebih mudah, khususnya bagi para wanita dengan siklus  haid yang tidak teratur. Terlebih lagi, menghitung masa subur dengan sistem kalender akurasinya memang masih meragukan.

Baiklah, langsung saja berikut ini Ciri fisik wanita disaat mengalami masa subur:
1. Gairah/libido meningkat.
Pada waktu menjelang dan setelah ovulasi, libido wanita akan mengalami peningkatan. Meskipun begitu, satu gejala ini saja belum bisa menjadi patokan bahwa anda tengah mengalami masa subur, jadi juga perlu melihat gejala yang lain.

2. Suhu tubuh meningkat.
Bisa dikatakan ini adalah gejala dari masa subur yang paling mudah di deteksi. Yang anda butuhkan hanya sebuah termometer. Ukurlah suhu tubuh anda setiap pagi sejak hari pertama selesai haid. Saat suhu tubuh tertinggi dalam beberapa hari didalam satu bulan itulah masa subur anda. 

3. Perubahan pada lendir kewanitaan.
Perubahan ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon estrogen wanita di saat terjadinya ovulasi. Perubahannya yaitu lendir menjadi lebih banyak dan mulur. Jika dipegang dengan ujung jari dan ditarik, maka akan terbentuk seperti benang, karena teksturnya yang mulur dan tidak mudah putus. Warna dari lendir ini adalah bening. Biasakan untuk mengamati lendir kewanitaan anda agar bisa mengetahui perubahannya.

4. Perut bagian bawah terasa agak nyeri.
Aktivitas sel telur biasanya menimbulkan rasa kurang nyaman pada perut bagian bawah. Jika anda merasakan hal itu dan tidak karena menjelang haid, boleh jadi saat itu adalah masa subur anda. Gejala ini terkadang memang tidak disadari oleh sebagian wanita, dan sebagian wanita memang tidak mengalaminya.

Demikian tadi ciri fisik wanita yang mengalami masa subur.Jika anda mengalami setidaknya 3 saja  dari 4 gejala diatas, hampir bisa dipastikan bahwa anda sedang mengalami masa subur. Perhatikan juga masalah waktu, karena meskipun sistem kalender tidak terlalu akurat, seharusnya penyimpangannya juga tidak terlalu mencolok.
Sekedar informasi, bagi anda yang menginginkan kepraktisan dan punya dana berlebih, anda bisa membeli alat pendeteksi masa subur. Biasanya alat ini banyak dijual di apotik. Hanya sayangnya harganya lumayan mahal, yaitu berkisar antara 200 - 500 ribu rupiah. Kecuali anda memang mempunyai dana yang berlebih, menurut hemat saya membeli alat ini tidaklah perlu, mengingat untuk bisa hamil, anda tidak harus tahu kapan masa subur,bukan? Cukup melakukan hubungan badan (HB) secara rutin maka peluang  untuk tidak melewatkan masa subur bisa dikatakan mencapai 100% , mengingat durasi masa subur yang lumayan lama, sekitar 1 minggu. 
Dan untuk sekedar memperkirakan kapan masa subur anda, menggunakan kombinasi antara sistem kalender dengan pengamatan ciri fisik seperti yang dijelaskan diatas sudah sngat mencukupi. Yang  perlu mendapat perhatian utama seharusnya memastikan kondisi tubuh anda agar sehat dan fit agar berbagai upaya cepat hamil yang anda lakukan bisa segera membuahkan hasil. Setuju?
Cara Mengetahui Masa Subur Lewat Ciri Fisik 4.5 5 Unknown Jumat, 07 Februari 2014 Ciri wanita mengalami masa subur Bagaimana cara mengetahui masa subur lewat ciri fisik ?Seperti yang sudah di bahas pada artikel sebelumnya, masa subur adalah masa dimana...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.