Alhamdulillah, Akhirnya kami berhasil memiliki buah hati setelah konsumsi herbal timur tengah ini. Bunda tertarik mencoba?
Klik sini bund..

Benarkah Penggunaan Pil KB berpengaruh pada Kesuburan?

 on Minggu, 09 Februari 2014  

Pil Kb menyebabkan sulit hamil?
Untuk mencegah terjadinya kehamilan salah satu metode kontrasepsi yang paling sering digunakan  adalah dengan menggunakan pil KB. Soal efektifitas, sebenarnya metode ini cukup efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan asal digunakan secara benar. Hanya saja, banyak wanita yang mengkhawatirkan akan keamanan dari penggunaan pil KB ini terkait denganpengaruhnya terhadap kesuburan . Benarkah penggunaan pil KB dalam waktu yang lama akan mengakibatkan wanita menjadi mandul atau memicu terjadinya masalah kesuburan?
Pil KB merupakan alat kontrasepsi yang berbasis hormon.Di dalam pil KB terkandung hormon estrogen dan progesteron, terkadang kombinasi dari kedua hormon ini, atau progesteron saja.Satu hal yang pasti, pada dasarnya cara kerja alat kontrasepsi hormonal adalah mengacaukan  kerja sistem hormonal di dalam tubuh, yaitu dengan meniadakan proses ovulasi atau pelepasan sel telur yang telah matang atau dengan mencegah sperma masuk dalam rahim dengan cara mengentalkan cairan di mulut rahim. Selain pil KB, ada juga metode kontrasepsi lain yang juga bersifat hormonal. Meskipun beda bentuk dan pemakaian, sistem dan cara kerjanya sebenarnya sama persis, yaitu mempengaruhi sistem hormonal di dalam tubuh. 


Apakah pil KB menyebabkan kemandulan/masalah kesuburan?

Berdasarkan fakta di lapangan, banyak wanita yang mengaku mengalami kesulitann hamil meski sudah berhenti menggunakan pil KB, sehingga wajar saja jika kemudian muncul pendapat bahwa pil KB bertanggung jawab atas gangguan kehamilan yang mereka alami. Tetapi menurut para ahli hal tersebut tidaklah benar.Pemakaian  Pil KB dalam jangka yang waktu lama sekalipun tidak menyebabkan masalah kesuburan apalagi kemandulan. 


Mengapa  wanita sulit hamil setelah memakai pil KB?
Seperti yang sudah saya tulis di awal postingan ini, pil KB merupakan alat kontrasepsi hormonal yang cara kerjanya yaitu mengacaukan sistem hormonal di dalam tubuh. Ketika pemakaian pil KB di hentikan, sistem hormon di dalam tubuh tidak serta merta pulih dan kembali normal seperti sebelum menggunakan KB. Kembalinya kesuburan biasanya ditandai dengan normalnya kembali siklus haid, dan dalam hal ini tiap individu memerlukan waktu yang berbeda-beda antara 1-12 bulan. Jadi memang tidak bisa seketika.
Yang juga perlu difahami, tingkat kesuburan wanita berbanding terbalik dengan usia, dimana semakin bertambah usia maka tingkat kesuburan wanita semakin menurun secara drastis. Jadi jika anda mengalami masalah dengan kesuburan setelah memakai pil KB selama bertahun-tahun, boleh jadi hal ini lebih disebabkan karena masalah usia.  Baik memakai kontrasepsi ataupun tidak, tingkat kesuburan wanita mulai menurun di awal usia 30 an dan penurunan makin drastis di awal usia 40 an.

Bolehkah saya langsung mencoba untuk hamil begitu pemakaian pil KB dihentikan?
Tentu saja tidak masalah, hanya saja jangan berharap banyak anda bisa langsung hamil setelah berhenti minum pil KB. Anda bisa saja langsung mencoba untuk hamil setelah selesai KB dan hal itu tidak menimbulkan bahaya sama sekali. Jadi anda tidak harus menunggu siklus haid anda lancar dulu untuk memulai program kehamilan. Dan jangan khawatir, pil KB ataupun alat kontrasepsi yang lain aman buat bayi, jadi tidak akan meningkatkan resiko keguguran ataupun kelainan pada perkembangan bayi. Yang penting, pastikan kebutuhan gizi anda terpenuhi, terutama asam folat dan zat besi.
Kesimpulannya, satu-satunya kerugian penggunaan pil KB terkait dengan kesuburan adalah diperlukan waktu untuk kesuburan kembali normal seiring normalnya sistem hormon reproduksi di dalam tubuh. Sebagai alternatif, anda bisa memakai alat kontrasepsi non hormonal seperti misalnya spiral jika ingin sistem kontrasepsi anda tidak mempengaruhi sistem kerja hormon di dalam tubuh, dan kesuburan langsung kembali normal begitu pemakaian alat kontrasepsi dilepas/dihentikan.

Demikian tadi artikel tentang hubungan antara pemakaian pil KB dengan kesuburan. Semoga setelah membaca artikel di atas, tidak ada lagi kekhawatiran anda karena hendak menggunakan ataupun sudah terlanjur menggunakan pil KB sebagai alat kontrasepsi pilihan anda.
Benarkah Penggunaan Pil KB berpengaruh pada Kesuburan? 4.5 5 Unknown Minggu, 09 Februari 2014 Untuk mencegah terjadinya kehamilan  salah satu metode kontrasepsi yang paling sering digunakan  adalah dengan menggunakan pil KB. Soal ef...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.